Rabu, 09 Mei 2012

Nube (meisuke Nueno)

Nube Hell Teacher
Awalan : 
Meisuke Nueno (鵺野鳴介 Nueno Meisuke), atau yang lebih dikenal dengan nama Nūbē (ぬ〜べ〜 Nūbē), adalah tokoh fiksi utama dalam serial anime dan manga, Nube: Guru ahli roh hasil karya Shou Makura dan Takeshi Okano. Nube merupakan karakter pria berusia 25 tahun yang memiliki peran ganda dalam cerita. Perannya yang pertama sebagai guru dan wali kelas 5-3 di SD Dōmori, yang kedua sebagai ahli dunia gaib dan pengusir makhluk supranatural maupun roh jahat. Kedua peran tersebut ditekuninya secara bersamaan, namun dilakukan secara terpisah. Dalam cerita dikatakan bahwa sosok Nube amat senang dengan anak-anak dan ia juga suka menolong orang yang berada dalam gangguan roh jahat. Maka dari itu, ia memilih untuk menjadi guru SD agar bisa dekat dengan anak-anak, sekaligus membantu mereka dalam menghadapi fenomena supranatural.

sifat dan kepribadian :
Dalam cerita, tokoh Nube ditampilkan sebagai sosok yang periang, suka bercanda, sering melakukan hal yang konyol, namun juga bisa bersikap tegas dan disiplin. Di SD Dōmori (tempat dimana Nube bekerja) ia dikenal sebagai guru yang ramah, periang dan menyukai anak-anak, tetapi kadang-kadang bersikap aneh, misalnya memakan makanan sisa murid-muridnya atau bertingkah seperti anjing saat diberi makanan menjelang hari gajian. Ia berperan ganda dan ditampilkan secara seimbang dalam setiap cerita, namun peran ganda tidak membuatnya berkepribadian ganda. Ia selalu melakukan yang terbaik bagi murid-muridnya dan orang-orang di sekitarnya.
Dalam manga diceritakan bahwa Nube hidup miskin dan tinggal sederhana di sebuah apartemen. Ia selalu kelaparan menjelang hari terima gaji, sehingga kadangkala ia rela melakukan apa saja demi mengganjal perut, seperti misalnya memakan mie sisa murid-muridnya atau menyelinap ke sekolah pada malam hari untuk memakan makanan di ruang praktik memasak.Bahkan, untuk mengisi perutnya, kadangkala Nube rela memakan makanan yang tak lazim, misalnya mie kering,bintang laut, terong yang dibumbui mayones, saus dan kecap, bahkan makanan yang sudah kadaluwarsa. Namun, Nube tidak pernah mendapat masalah gangguan pencernaan. Nube juga tergila-gila dengan wanita cantik dan kadangkala menonton film porno di ruang jaga di sekolahnya. Di balik sikapnya yang aneh, ia tampil sebagai karakter yang pemberani dan kuat menghadapi roh jahat.

Latar Belakang :
Masa lalu Nube dan orangtuanya diceritakan dalam manga Nube: Guru ahli roh jilid 18 dan 20. Menurut cerita, ayah Nube adalah seorang ahli supranatural. Ia merupakan tokoh yang senang membantu orang yang sedang menderita karena gangguan roh jahat. Hal tersebut membuat Nube dan keluarganya bahagia, meskipun mereka hidup miskin. Pada suatu ketika, ibu Nube jatuh sakit. Karena tidak memiliki uang, akhirnya ayah Nube meminta pertolongan dari orang-orang yang pernah diselamatkannya, namun mereka tidak mengacuhkannya. Akhirnya ayah Nube sadar bahwa seandainya ia meminta uang jasa setiap berhasil mengusir roh jahat, tentu keluarganya tidak akan terlilit dalam kemiskinan. Kemudian, karena tidak mampu membeli obat, ibu Nube meninggal. Setelah kematian istrinya, ayah Nube menitipkan Nube pada kakek dan nenek Nube, kemudian ia pergi berkelana menempuh jalannya sendiri. Setelah itu, hubungan antara Nube dan ayahnya membeku. Bertahun-tahun kemudian, setelah Nube menjadi guru di SD Domori, ayahnya menjadi seorang ahli roh terkenal bernama Mugenkai Jikuu. Ia dikenal sebagai ahli roh yang hebat dan orang yang ingin menggunakan jasanya harus membayar ongkos jasa yang besar, jutaan Yen.

Masa lalu Nube di sekolahnya diceritakan dalam manga Nube jilid 10 bab pertama. Ketika Nube masih menjadi murid SD, ia memiliki hubungan yang dekat dengan Minako, gurunya yang memiliki kekuatan supranatural. Minako melindungi Nube dari gangguan anak-anak sebayanya, sama seperti yang dilakukan Nube terhadap murid-muridnya. Minako menyayangi Nube, sedangkan Nube setia kepadanya. Saat Nube masih kuliah, ia bertetangga dengan Kyoko Inaba, anak perempuan yang tomboi dan nakal. Hubungan semenjak kecil membuat mereka berdua sangat akrab. Nube menyayangi Kyoko, begitu juga sebaliknya. Setelah Nube lulus, ia bekerja sebagai guru di SD Dōmori.

Di awal karirnya sebagai guru, gangguan muncul. Seorang murid kerasukan roh jahat sehingga ia terpaksa bertarung dengan roh tersebut. Nube mendudukkan murid tersebut di suatu ruang kelas, dan memanggil setan yang merasukinya, yang di kemudian hari diketahui bernama Baki. Saat Nube menyerang setan tersebut dengan tangan kirinya yang menggenggam tasbih, setan itu mengerahkan kekuatannya yang mengakibatkan hancurnya tangan Nube. Setelah tangan kirinya hancur, Minako muncul dari dalam diri setan tersebut dan membantunya untuk mengurung roh jahat tersebut di tangan kirinya. Semenjak saat itu, ia melindungi warga sekolah dengan "Tangan Setan".

Siluman yang pernah Bertarung bersama Nube :

Oni

Dalam serial Nube: Guru Ahli Roh, Oni adalah sejenis makhluk jahat dengan kekuatan besar yang datang dari neraka untuk mengganggu kehidupan manusia di muka bumi. Oni dalam cerita tersebut digambarkan seperti Oni dalam legenda dan cerita rakyat Jepang, yaitu sebagai makhluk berwajah menyeramkan dengan gigi taring mencuat, bertanduk dan berkulit merah. Oni yang digambarkan dalam cerita Nūbē setara dengan iblis dan setan-setan khas Eropa. Mereka memiliki kekuatan supranatural yang mampu menghancurkan manusia. Dalam serial Nube: Guru Ahli Roh, ada tiga Oni bersaudara yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki cerita tersendiri dalam jilid tertentu. Ketiga Oni tersebut adalah Baki, Zekki dan Minki.

Baki

Baki merupakan saudara tertua dari tiga Oni bersaudara dalam serial anime dan manga Nube: Guru Ahli Roh. Setan ini memiliki kekuatan yang sangat besar dan pernah bertarung dengan Nube dan Minako (guru Nube). Setan ini datang dari neraka dan muncul di SD Dōmori, oleh karena jalan pintas menuju pintu gerbang neraka terletak dekat dengan sekolah itu. Demi melindungi Nube dari ancaman Baki, Minako rela mengorbankan dirinya sendiri agar dimakan oleh setan tersebut. Ketika setan itu datang ke SD Dōmori, Nube bertarung dengan setan tersebut sampai tangan kirinya hancur. Di saat Nube hampir menyerah, Minako muncul dari dalam tubuh setan tersebut, dan ia memerintahkan Nube agar segera mengurung Baki di tangan kirinya. Setelah Baki terkurung, tangan kiri Nube yang hancur digantikan oleh tangan setan. Semenjak saat itu ia mendapat julukan "Guru Bertangan Setan".

Zekki

Zekki merupakan saudara tengah di antara tiga Oni bersaudara dalam serial anime dan manga Nube: Guru Ahli Roh. Di antara saudara-saudaranya, ia merupakan Oni yang paling kejam dan berhati dingin. Kekuatannya sangat besar dan tidak segan untuk membunuh manusia tanpa memedulikan tua atau muda, pria atau wanita. Dalam wujud manusia, ia tampak sebagai sesosok lelaki remaja. Zekki datang ke dunia manusia untuk mencari orang yang telah mengekang saudaranya, yaitu Meisuke Nueno alias Nube, guru pengusir setan dari SD Dōmori. Dalam usahanya untuk membalas dendam, ia telah menimbulkan banyak kehancuran. Untuk mengekang setan tersebut, Nube bertarung dengan sengit dan memerlukan pengorbanan dari Yukime, Tamamo, dan murid-muridnya. Pada akhirnya, Zekki dapat dikalahkan oleh Nube.

Minki

Minki merupakan saudara bungsu dari tiga Oni bersaudara dalam serial Nube: Guru Ahli Roh. Dalam cerita, ia merupakan Oni perempuan. Ia bergabung dengan murid-murid Nube dan menjadi anggota kelas 5-3. sama seperti kedua saudaranya yang lain, Minki juga memiliki kekuatan untuk merusak dan menghancurkan sesuatu.

Kitsune/Yōko

Salah satu legenda Jepang yang terkenal adalah kitsune, yaitu sekelompok siluman hewan yang biasanya dihubungkan dengan rubah. Beberapa siluman rubah disebut kitsune, dan ada siluman rubah istimewa yang dikenal sebagai yōko, yaitu sejenis makhluk yang memiliki kekuatan spiritual hebat. Yōko dikenal dengan kemampuannya dalam menciptakan ilusi dan memanipulasi api, serta menggunakan kemampuan istimewa yang disebut "teknik transformasi" yang membuat mereka mampu memakai tubuh manusia, biasanya demi tujuan tertentu.
Kyosuke Tamamo
kyosuke tamamo

Kyosuke Tamamo

Tamamo, atau Kyosuke Tamamo, adalah siluman rubah yang utama dalam serial anime dan manga Nube: Guru Ahli Roh. Ia merupakan salah satu tokoh utama yang memiliki kekuatan spiritual. Dalam cerita, ia tampil sebagai saingan berat, bahkan musuh bebuyutan bagi Nube. Meskipun demikian, mereka jarang berkelahi semenjak Tamamo mendapat pelajaran dari Nube mengenai "kekuatan hati manusia". Tokoh Tamamo sangat bertolak belakang dengan tokoh Nube. Tokoh ini tidak banyak bicara dan jarang terlihat gembira. Sosoknya tampak dingin dan misterius. Kelebihannya adalah dapat menciptakan ilusi dengan menggunakan benda-benda yang bergerak.
Tamamo muncul pertama kali dalam manga volume 2, sebagai seorang guru olahraga yang mampu merebut perhatian murid dan staf SD Dōmori. Awalnya Tamamo merupakan siluman rubah yang berusaha mencari tengkorak manusia yang sempurna. Demi memenuhi cita-citanya, ia pergi ke kota Dōmori, dimana ia bisa mendapatkan tengkorak manusia yang ia cari. Atas sebuah petunjuk, Tamamo tahu bahwa untuk menjadi manusia, ia harus mendapatkan tengkorak Hiroshi Tateno, murid Nube. Untuk mendapatkan Hiroshi, Tamamo menyamar sebagai seorang guru. Ketika Nube tahu bahwa Tamamo sebenarnya merupakan siluman rubah, ia mengerahkan segenap tenaga demi melindungi muridnya tersebut. Setelah pertarungan sengit terjadi dalam waktu yang lama, Tamamo menyerah sekaligus heran dengan sosok Nube, yang rela mengorbankan diri sendiri demi melindungi Hiroshi. Semenjak peristiwa tersebut berakhir, Tamamo beralih pekerjaan menjadi dokter di Rumah Sakit Dōmori, dengan harapan dapat mengetahui rahasia "kekuatan hati manusia".

Siluman salju 

yukime
yukime
Yukime merupakan salah satu tokoh fiksi dalam serial anime dan manga Nube: Guru Ahli Roh. Yukime adalah gadis salju yang berasal dari pegunungan. Ia diciptakan oleh Dewi Gunung dari unsur salju. Pada waktu kecil ia hendak dibunuh oleh seorang pemburu, namun berkat bantuan dari Nube, nyawanya berhasil diselamatkan. Karena merasa berhutang budi terhadap kebaikan hati Nube, Yukime berjanji bahwa kelak suatu saat ia akan mengejar Nube kemudian menikah dengannya.

 

 

Yukibe

Yukibe merupakan tokoh fiksi dalam serial anime dan manga Nube: Guru Ahli Roh. Tokoh ini merupakan makhluk yang lahir dari kekuatan cinta Yukime terhadap Nube. wujudnya seperti perpaduan antara tokoh Nube dan Yukime. Seperti Yukime, makhluk ini memiliki kemampuan untuk membekukan sesuatu di sekitarnya.

Siluman lainnya

Kuchisake-onna

Kuchisake-onna (口裂け女) atau Siluman Wanita Bermulut Lebar merupakan salah satu legenda terkenal dari Jepang, dan muncul dalam serial Nube: Guru Ahli Roh. Sesuai dengan namanya, makhluk ini berwujud wanita dengan mulut yang lebar, ujung bibirnya mencapai telinga. Dalam cerita Nūbē dikatakan bahwa konon wanita tersebut merupakan korban dari operasi gigi yang gagal, sehingga mulutnya robek dan giginya terlihat menyeringai dengan seram. Karena marah, wanita itu membunuh dokter yang mengoperasinya, setelah itu kabur sambil menutup mulutnya dengan kain. Kemudian wanita itu bergentayangan dan berubah menjadi siluman. Di jalan yang sepi, wanita tersebut sering bertanya kepada anak-anak yang berpapasan dengannya, apakah ia cantik atau tidak. Beberapa mitos mengatakan bahwa bila mengatakan cantik, maka nyawa anak itu selamat, sedangkan bila menjawab jelek maka akan dibunuh.
Untuk menghindari teror siluman wanita bermulut lebar, murid-murid Nube mengolesi rambutnya dengan pomade yang banyak. Dalam cerita, konon wanita bermulut lebar benci dengan pomade, yaitu sejenis minyak rambut, karena konon dokter yang mengoperasi mulut wanita itu memakai minyak rambut yang menyengat. Ketika siluman wanita bermulut lebar terdesak oleh serangan yang dilancarkan Hiroshi dan kawan-kawannya, Nube muncul sambil menggunakan tangan setan untuk menampakkan sisi lain dari wujud siluman tersebut, yaitu wujud sesosok wanita yang sangat cantik. (yang kemudian dikenal sebagai Honomi, si bungsu dari tiga Kuchisake-onna bersaudara). Di akhir cerita Nube menjelaskan bahwa sesungguhnya Kuchisake-onna adalah siluman wanita yang cantik, namun kena pengaruh dari inugami, yaitu siluman anjing yang memberinya mulut lebar. Dalam serial Nube: Guru Ahli Roh, siluman wanita bermulut lebar ada tiga, dan mereka bersaudara. Siluman ini pertama kali muncul dalam manga volume 4, dan kembali lagi dalam manga volume 8 bersama dua saudaranya yang lain.

Hayame

Hayame (速魚 Hayame) merupakan tokoh fiksi dalam serial anime dan manga Nube: Guru Ahli Roh. Dia adalah seekor puteri duyung yang dihidupkan kembali oleh Nube. Seperti puteri duyung dalam legenda Jepang, daging Hayame dapat memberikan keabadian jika dimakan dan darahnya berkhasiat sebagai obat terhadap luka yang parah sekalipun. Menurut cerita, Hayame merupakan puteri duyung yang bisa naik ke darat. Pada suatu hari, ia naik ke darat untuk menghadiri suatu festival. Setelah festival berakhir, ia tidak bisa menemukan jalan pulang sehingga akhirnya tersesat. Kemudian ia mati dan menjadi mumi selama ratusan tahun. Dalam cerita, mumi itu disimpan oleh bhiksu licik dan serakah bernama Osho. Karena ingin agar mumi tersebut hidup kembali, Osho meminta Nube agar memberikan kekuatan rohnya dengan perantara tangan setan. Setelah beberapa jam, tidak ada sesuatu yang terjadi, namun pada malam harinya, mumi itu hidup kembali dan menjadi puteri duyung yang sangat cantik bernama Hayame. Karena Hayame merasa berhutang budi dengan Nube yang telah mengembalikan hidupnya, ia selalu menawarkan agar dagingnya dimakan supaya Nube bisa hidup abadi. Tetapi Nube tidak mau memakan daging Hayame meskipun ia tahu bahwa dengan makan daging tersebut hidupnya menjadi abadi.
Walaupun darah Hayame berguna untuk menyembuhkan luka, namun efek sampingnya adalah dapat membuat seseorang menjadi bodoh untuk sementara waktu. Seperti makhluk siren dalam mitologi Yunani, Hayame juga memiliki kemampuan untuk memikat manusia dengan nyanyiannya. Dalam suatu cerita, ia membujuk Nube agar diizinkan mengikuti kompetisi menyanyi dan meluncurkan album. Nube menolak sebab apabila wujud asli Hayame diketahui banyak orang, maka dunia akan gempar. Atas dorongan dan bantuan dari murid-murid Nube, Hayame bersikeras mengikuti kompetisi tersebut. Saat kompetisi berlangsung, nyanyian Hayame membuat para pendengarnya terpukau. Hal itu menyebabkan seluruh orang yang hadir dalam kontes tersebut memburu Hayame karena suaranya yang indah. Agar tidak terjadi keributan, maka dirinya diselamatkan sehingga ia bisa kembali ke tempat asalnya, yaitu lautan dimana ia bisa menyanyi dengan tenang.
Tokoh Hayame jarang muncul dalam serial Nube: Guru Ahli Roh. Kadangkala ia muncul dalam wujud puteri duyung, kadangkala dalam wujud manusia. Tokoh ini digambarkan sebagai seorang gadis yang memiliki wajah cantik, berambut hijau, dengan sirip ikan berwarna jingga. Perubahan wujudnya dari puteri duyung menjadi manusia, atau sebaliknya, tidak muncul dalam manga. Tidak ada alat khusus atau ritual yang diperlukan untuk mengubah wujudnya.

Kesaran Pasaran

Menurut mitologi Jepang, Kesaran Pasaran adalah makhluk yang konon dapat memberikan keberuntungan pada pemiliknya. Dalam serial Nube: Guru Ahli Roh, Kesaran Pasaran muncul dalam manga volume 14, dan dalam anime muncul di episode 28. Dalam ilustrasi, wujudnya seperti gumpalan bulu berbentuk bola. Ukurannya kecil, kurang lebih sebesar bola pingpong. Legenda mengatakan bahwa Kesaran Pasaran adalah bulu sayap malaikat yang jatuh ke bumi. Menurut penjelasan dalam cerita Nube, Kesaran Pasaran dapat dikembangbiakkan dengan memberinya bedak. Makin banyak Kesaran Pasaran maka semakin besar permohonan yang dapat dikabulkan.
Murid Nube yang bernama Miki Hosokawa menemukan Kesaran Pasaran secara tidak sengaja pada hari Natal. Karena tamak, ia memelihara makhluk tersebut dan mengembangbiakkannya agar memperoleh keberuntungan, seperti misalnya mendapatkan uang di jalan, makan gratis, bertemu dengan artis terkenal, dan sebagainya. Dalam suatu cerita, nyawa Nube, Hiroshi, Kyoko dan Makoto hampir terancam sehingga Miki menggunakan kekuatan Kesaran Pasaran untuk menyelamatkan kawan-kawannya. Semenjak saat itu, Miki sadar bahwa berkumpul bersama teman-temannya lebih menyenangkan daripada memenuhi segala nafsu dengan memanfaatkan kekuatan Kesaran Pasaran.
 

1 komentar: